Waspada !! 150.000 printer lumpuh oleh serangan hacker

Waspada !! 150.000 printer lumpuh oleh serangan hacker

Tauhid, Jerman – Berhati hatilah bagi anda yang memiliki printer, terutama printer yang digunakan untuk mencetak dokumen pribadi atau struk pembayaran, kabar terbaru tentang hacker yang berhasil meretas 150.000 printer yang sistem keamanannya tidak diaktifkan melalui internet, kejadian tersebut berhasil membuat heboh pemilik printer yang sistem keamanannya memiliki bug,adapun printer yang kena serangan hacker tersebut merupakan printer perkantoran,perumahan,bahkan printer restoran yang dipakai untuk mencetak tanda terima juga ikut kena imbasnya.

Serangan hacker terhadap printer tersebut diketahui setelah seorang mahasiswa dari Jerman menemukan adanya kelemahan sistem keamanan pada sejumlah printer.printer yang kena serangan tersebut merupakan printer yang ternama dan sudah banyak beredar di dunia seperti printer merk HP, Brother, Epson, Canon, Lexmark, Minolta dan lain-lain. Namun, sang peretas mengatakan bahwa ia tidak berniat untuk menyalah gunakan akses yang ia dapatkan.

peretas yang dikenal dengan nama panggilan “Stackoverflowin” itu meninggalkan pesan peringatan kepada pemilik printer yang telah ia serang, pesan tersebut berbunyi “Demi Tuhan, tolong tutup akses ke port ini,” bunyi pesan tertulis tersebut.

Selain pesan itu, terlihat juga sebuah sosok robot yang dibuat dengan menggunakan simbol-simbol dari ASCII. Terlampir juga didalam pesan alamat email dan akun Twitter dari Stackoverflowin.

tidak hanya itu, ia juga menambahkan pesan peringatan “Saya hanya sekedar memberikan bantuan agar mereka memperbaiki masalahnya sambil bersenang-senang,” ujarnya seperti dikutip dari situs Bleeping Computer.

“Semuanya baik-baik saja dengan apa yang saya lakukan dan berterima kasih atas kejujuran yang telah saya perlihatkan,” tambah sang hacker tersebut.

Sebelumnya para peneliti keamanan komputer Jens Muller, Vladislav Mladenov dan Juraj Somorovsky dari Universitas Ruhr, Jerman, minggu lalu telah menerbitkan naskah akademik yang merupakan rangkuman dari pekerjaan mereka pada sistem keamanan printer. Dari 20 printer yang mereka tes, ternyata ada beberapa printer yang sistem keamanannya masih lemah

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

One Response

  1. Aang veriantoApril 13, 2017 at 3:14 amReply

    Hacker harusnya di berdayakan agar berguna bagi bangsa dan negara . .

Leave a Reply